BERITA

Willian Jadi Sasaran Rasis Online, Bagaimana Media Sosial Bertindak?

Bola.waktu.news | Rasis menyerang sayap Arsenal Willian oleh pengguna tak dikenal. Media sosial mengecam rasisme, tapi apa tindakan mereka?

Willian mengunggah dua akun yang lakukan rasisme

Ia masuk dalam daftar korban rasisme minggu ini, setelah Anthony Martial, Axel Tuanzebe, Marcus Rashford, hingga rekannya Eddie Nketiah.

Ini menandakan bahwa rasisme terhadap pemain kulit hitam menjadi sesuatu yang normal dalam dunia sepak bola.

Willian mengunggah 2 akun yang melakukan aksi rasisme terhadap dirinya melalui cerita Instagramnya pada Jumat waktu (GMT).

Dua pesan istilah itu menyinggung rasial, yang menjadikan media sosial diracuni oleh perilaku diskriminatif, penuh kebencian, dan rasisme oleh pengguna.

Bagaimana tindakan perusahaan media sosial?

Sejumlah media sosial mengecam aksi rasisme di platform mereka, seperti perusahaan besar Facebook dan Twitter.

Facebook tetap memberikan kesempatan bagi pengguna untuk memperbaiki kesalahan mereka. Pelaku yang merusak reputasi media akan dilarang mengirim pesan dalam jangka waktu tertentu, sebagai bentuk prihatin atas frustrasi pemain dan klub.

Sedangkan Twitter belum memberikan tindakan signifikan, mereka masih tetap terhadap pendiriannya yang membiarkan pengguna membuat akun anonim.

Kepala Eksekutif Arsenal, Vinai Venkatesham angkat bicara jika aksi rasisme seperti ini menjadi masalah besar yang tidak dapat diremehkan. 

Ia mengungkapkan bahwa verifikasi wajib di setiap akun media sosial harus direalisasikan sebagai pendorong perubahan tindakan.

Tapi perusahaan tetap menolak, karena itu akan membebankan pengguna. Twitter contohnya, mereka tetap membiarkan pengguna berpendapat tanpa harus mengirimkan KTP-nya. 

Willian didukung menjadi pemain kunci Arteta

Aksi rasisme ini terjadi didasari oleh performa Willian yang terus menurun sejak kepindahannya dari Chelsea.

Sebenarnya ia mampu tampil apik pada awal musim. Namun seiring waktu berjalan, Willian mengisi bangku cadangan Arsenal.

Kemarin saat berhadapan dengan Benfica, Arsenal baru memasukkannya setelah laga berjalan 90 menit, yang menyisakan beberapa menit lagi sebelum laga usai.

Terlepas dari itu, Silvestre berpendapat Willian akan mampu membuktikan dirinya kepada Arteta. Ia akan membawa kualitas dan kelasnya sebagai pemain, yang akan menguntungkan Arsenal ketika menghadapi poin-poin penting.

Arteta pun memberikan dukungan terhadap pemainnya. Ia mengatakan bahwa kritik dari luar merupakan kewajaran atas performa Willian yang menurun. Tapi ia, klub, dan semua basis penggemar asli akan melindungi Willian semampunya.

Laga menghadapi Manchester City pekan ini akan melihat bagaimana Willian berjuang di atas lapangan. 

Aksi rasisme pun bisa saja meluap lagi, jika ia tampil buruk nantinya.

Kesimpulan

Aksi rasisme di dunia sepak bola menjadi sebuah kebiasaan. Persaingan yang ketat antara satu klub dengan klub lainnya sangat terasa pada setiap kompetisi.

Dua pemain Arsenal telah menjadi korbannya, yang membuktikan kerasnya dunia sepak bola dari basis penggemar yang brutal. 

Willian bicara tentang suatu perubahan dan perjuangan menghadapi aksi ini. 

Ia didukung oleh juru bicara Arsenal yang didasari oleh rasa sedih melihat pemainnya mendapatkan perilaku itu secara teratur di dunia online yang kejam.

Itulah mengapa, ia mengajak semuanya bekerja sama untuk menyingkirkan perilaku seperti ini dengan mengajak badan pemerintah, klub, media, hingga politisi.

Dan, harus mendapatkan bantuan dan komitmen tinggi dari perusahaan media sosial, untuk menetapkan tindakan tepat di platform mereka.

Lalu, bagaimana tanggapan, Anda? Sebagai seorang penggemar apakah layak aksi rasisme terus terjadi? Silakan beri komentar Anda di bawah ini.

Show More

Refli Hertanto Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media dan Pemerintah Daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button